Pentingnya USG bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Setiap ibu hamil dianjurkan untuk jalankan pemeriksaan ultrasonografi (USG) secara teratur. Pemeriksaan ini dilakukan dengan pakai gelombang suara berfrekuensi tinggi.

Pemeriksaan USG abdomen tidak berbahaya bagi ibu maupun janin, dan juga tidak mengakibatkan rasa nyeri. Pemeriksaan ini pun tidak menghasilkan pengaruh radiasi.

Pemeriksaan USG kala kehamilan terlalu mutlak dilakukan, terlebih untuk menilai keadaan janin. Pemeriksaan ini pun mempunyai tujuan untuk memandang ada/tidaknya cacat bawaan pada janin, seperti sindrom down, hidrosefalus, dan lain-lain.

Artikel Lainnya: Tren USG 4D, Pentingkah bagi Ibu Hamil?

Pemeriksaan USG tidak harus terlalu sering dilakukan. Pemeriksaan ini kebanyakan cuma harus dilakukan sebanyak 3 kali sepanjang kehamilan, yaitu pada tiap trimester.

Berikut ini fungsi USG per trimester kehamilan: berbadan dua sehat

1. Trimester Pertama
Mendeteksi kehamilan, menilai letak embrio (di didalam atau luar rahim), mendeteksi mola hidatidosa, denyut jantung, kehamilan ganda, dan umur kehamilan.

2. Trimester Kedua.
Memastikan keadaan dan perkembangan janin (ukuran, lingkar kepala) cocok umur kehamilan, dan mendeteksi ada/tidaknya kelainan kongenital (cacat bawaan).

Pada trimester dua, USG juga bisa memandang perkembangan tulang belakang, ekstremitas, otak, jantung, dan model kelamin janin. Selain itu, keadaan plasenta, tali pusat, dan kecukupan air ketuban juga bisa dinilai.

3. Trimester Ketiga klinik kehamilan jakarta dan bekasi
Pada periode ini, perkembangan janin dan wilayah plasenta bisa dinilai, apakah halangi serviks/mulut rahim. Fungsi USG trimester ketiga juga bisa memilih proses kelahiran, apakah secara spontan atau butuh operasi caesar.

Anda boleh jalankan pemeriksaan USG lebih sering, terlebih sekiranya terkandung keadaan yang butuh pemantauan lebih lanjut, seperti perdarahan pervaginam.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil, Ini Cara Baca Hasil USG 2 Dimensi

Banyak sekali fungsi USG kehamilan. Berikut adalah sebagian fungsi yang dimaksud:

Memastikan Kehamilan
Anda sebaiknya segera ke dokter untuk periksa USG setelah jalankan hasil testpack positif dan udah terlambat haid. Hal ini mempunyai tujuan untuk menegaskan kehamilan, dengan memandang keberadaan kantung janin di didalam rahim.

Memeriksa Kondisi Rahim
Manfaat USG juga bisa mendukung menegaskan kesehatan keadaan rahim, plasenta, ovarium, dan leher rahim. Di mana, organ-organ selanjutnya berguna untuk perkembangan janin sepanjang era kehamilan.

Mendeteksi Kelainan Genetik
Manfaat USG lainnya adalah untuk deteksi dini ada/tidaknya kelainan genetik atau kelainan kongenital (cacat) pada janin, agar bisa dilakukan evaluasi dan tindakan secepat mungkin.

Artikel Lainnya: Yuk, Kenali 3 Jenis Pemeriksaan USG Kehamilan, Apa Saja?

Mendeteksi Jenis Kelamin Bayi cara membaca hasil usg
Pemeriksaan USG bisa menjawab rasa penasaran calon orang tua untuk model kelamin buah hatinya nanti. Hal ini bisa diketahui dikala umur kehamilan memasuki umur 20 minggu.

Menentukan Hari Perkiraan Lahir
Hari perkiraan lahir (HPL) bisa diketahui dengan pemeriksaan USG. Hal ini mutlak untuk menyiapkan persalinan yang sehat.

Mendeteksi Organ-Organ Janin
Manfaat USG kehamilan juga bisa bantu memandang perkembangan organ signifikan janin, seperti jantung, hati, ginjal dan otak.

Diagnosis Keguguran
Selain sadar perkembangan janin, pemeriksaan USG juga bisa memilih apakah seorang wanita mengalami keguguran atau tidak dengan memandang segera keadaan rahim.

Pentingnya USG bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *