Counter steering pada sepeda, disebut juga teknik putaran instan, merupakan manuver sepeda darurat yang berguna untuk menghindari rintangan. Ini penting ketika sebuah mobil tiba-tiba memotong Anda atau ketika pejalan kaki yang lalai menghalangi jalan Anda.

Apa itu counter steering

Counter steering adalah manuver yang digunakan oleh pengendara dan pengendara sepeda. Hal ini dilakukan untuk memulai belokan ke arah tertentu dengan menyetir dengan cepat ke arah yang diinginkan pengendara. Misal: belok kanan, belok ke kiri, begitu pula sebaliknya. Jika karena alasan apa pun Anda tidak dapat mengerem untuk berhenti dan menghindari mobil, pejalan kaki, atau halangan, Anda harus berbelok secepat mungkin. Kemudi kontra atau belokan instan lebih cepat dari belokan normal. Agar Anda bisa melaksanakannya dengan efektif dan aman, Anda harus mempraktikkannya di tempat yang sepi seperti tempat parkir atau taman yang kosong.

Bagaimana melakukan counter steering pada sepeda

Pada dasarnya, teknik ini bisa dilakukan saat Anda mengendarai sepeda atau sepeda motor. Salah satu hal baik tentang counter steering adalah Anda dapat menggunakannya saat Anda berkendara dengan cepat atau agak lambat.

The Handlebar Brengsek

Anda menyentakkan stang ke arah berlawanan yang ingin Anda ambil. Sebagai contoh. jika Anda berniat untuk pergi ke kanan, Anda dengan cepat menyentakkan setang Anda sedikit ke kiri. Gerakan yang sangat cepat ini akan menyebabkan sepeda Anda sedikit miring. Ini akan mengatur giliran Anda. Sepeda Anda akan berbelok ke kiri tetapi akan berbelok ke kanan.

Giliran

Setelah sepeda Anda bersandar, Anda harus bersandar ke arah yang berlawanan dan kemudian berbelok. Perhatikan bahwa mungkin ada halangan di sekitar belokan sehingga Anda harus memperhatikan saat melakukan fast turn ini.

Posisi Pedal

Untuk menghindari menginjak pedal saat melakukan teknik ini, letakkan kaki bagian dalam Anda pada posisi jam 3, 9, atau 12. Namun, posisi pedal bervariasi di antara pengendara sepeda. Jadi, pastikan Anda percaya diri dan nyaman dengan posisi pedal Anda. Bersandar kuat pada pedal luar untuk membantu Anda mempertahankan traksi saat Anda melakukan putaran.

Tips Lainnya

Kunci untuk bersepeda dengan aman tetaplah penghindaran. Hindari mengambil jalur yang terlalu sempit untuk dibagikan dengan aman. Anda harus tahu cara melakukan counter steering dengan benar pada sepeda untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih aman.

Counter Steering pada Sepeda

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *